Friday, August 13, 2010

Inilah 9 Pekerjaan di Internet yang Bisa Mendatangkan Uang

Anda pernah merasa bahwa kadang anda merasa bosan ke internet karena hanya “itu-itu saja” yang anda lakukan di internet. Kadang anda ke internet hanya untuk cari data, artikel, meriksa e-mail, chatting, periksa Friendster atau Facebook, dls. Yang mungkin semua itu hanya akan memberikan kesenangan sesaat bagi anda tanpa memberikan sesuatu keuntungan materiil pada anda (memang… keuntungan tidak harus selalu materiil).

Namun, dalam “bahasa” saya, kegiatan-kegiatan internet seperti diatas adalah suatu kegiatan yang memang perlu kita lakukan, namun tidak memberikan keuntungan secara materi juga. Kita sudah keluar uang untuk itu (biaya internet), namun kita tidak bisa dapat uang SECARA LANGSUNG dari kegiatan tersebut. Itu maksud saya..

Nah, akhirnya sisi kapitalis diri saya bermain… :) , bagaimana caranya agar saya tidak hanya mengeluarkan uang, biaya dan waktu untuk “ngenet” tersebut, karena saya hampir tiap hari online. Bagaimana caranya supaya saya juga bisa mendapatkan “materi” dari dari apa yang saya lakukan di internet, sehingga bisa jadi kegiatan “Ngenet yang Menguntungkan” dengan memanfaatkan berbagai peluang bisnis yang ada di internet.

Akhirnya saya sering browsing ke beberapa link, link apapun yang seputar “keuntungan finansial” saya kunjungi. Dan ternyata ada banyak hal yang saya temukan, termasuk jenis pekerjaan di internet yang bisa mendatangkan keuntungan, ada yang langsung… ada yang tidak langsung.

Namun disini saya tidak akan membahas bisnis apa yang saya ikuti tersebut. Namun saya akan menyampaikan pada anda beberapa temuan saya tentang peluang bisnis apa saja yang bisa mendatangkan uang di internet. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa lakukan di internet. Inilah 9 macam pekerjaan online yang saya temukan yang pantas anda perhatikan dan anda tekuni :

1. Jasa Pembuatan Blog/Situs . Anda bisa tawarkan kemampuan anda membuat blog dan situs web pada perusahaan, institusi, atau organisasi. Coba lihat sekeliling anda,
2. Illustrator dan Desainer Grafis. Kedua pekerjaan tersebut sebetulnya masing-masing bisa dispesialisasi. Yang penting, anda bisa tawarkan keahlian anda itu secara online. Lengkapi juga dengan berbagai contoh hasil desain/ilustrasi anda. Mungkin ada kantor yang baru buka. Anda bisa coba dekati dan tawarkan keahlian anda.
3. Konsultan Blog. Tugas utamanya memberikan saran kepada klien baik yang sudah punya blog maupun yang belum. Bagaimana konsep blognya, brand seperti apa yang cocok untuk blog tersebut, strategi bloggingnya bagaimana. Namun agar sukses sebagai konsultan, anda perlu membangun reputasi terlebih dahulu. Supaya calon klien, tak ragu meminta saran anda.
4. Ahli Komputer. Kalau anda pakar soal komputer, baik mengenai hardware, software, operating system, anda bisa tawarkan keahlian itu. Kalau ada yang kebingungan karena datanya hilang diserang virus, atau mungkin komputernya error, bisa menghubungi anda. Bahkan anda juga bisa membuat sebuah software bisnis yang bisa dijalankan sebagai bisnis online.
5. Bisnis E-book. Saat ini di toko buku banyak sekali di jual buku-buku seputar IT. Ada buku yang membahas seputar bagaimana belajar komputer, sampai bagaimana meraup dollar/rupiah di internet secara otomatis, Biasanya buku tersebut dijual dengan harga antara 20.000 – 50.000 per buku. Nah, di internet begitu juga. Banyak sekali bisnis Online (dengan nama yang bermacam-macam) yang menjual buku-buku seperti tersebut, namun dalam bentuk E-book (Elektronik Book) yang bisa di Download setelah kita membelinya. Bisnis Online jenis ini yang banyak di lakukan orang-orang sekarang, karena cukup mudah dan memberikan keuntungan yang mengalir terus ke rekening… 24 jam Non-Stop. Seperti di HartaVirtual.com, disana yang dijual adalah juga berupa e-book yang memberikan anda semua formula untuk bisnis online.
6. Web Designer. Biasanya pekerjaan mendesain web langsung tercakup pada jasa pembuatan situs web. Namun kalau anda merasa punya keahlian khusus pada bidang ini, anda bisa menawarkannya secara terpisah. Mungkin saja ada klien yang butuh untuk mempercantik desain webnya saja. Atau bisa juga para penyedia jasa pembuatan situs web sedang butuh web designer khusus. Yang perlu anda siapkan adalah portofolio desain situs web buatan anda.
7. Fotografer . Kalau anda pintar memotret atau shooting dengan kamera, anda bisa juga tawarkan keahlian anda lewat internet. Agar order anda bisa mencakup luas, tentu anda perlu membangun jaringan dengan rekan di daerah-daerah lainnya.
8. Jual Beli Situs/Blog. Kalau anda jago membenahi sebuah situs web/blog, anda bisa buat blog baru, lalu benahi sampai mendatangkan banyak traffic, lalu jual. Anda buat blog lagi, benahi lagi, dan jual. Begitu seterusnya.
9. Web Developer. Seperti halnya menjadi web designer, kalau anda memang punya keahlian khusus untuk web development dan mungkin juga programming, anda bisa tawarkan keahlian itu secara online.

Internet di lain sisi sungguh anugerah yang tak terkira bagi kita, jika kita bisa memanfaatkannya dengan positif. Banyak pilihan pekerjaan online yang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan internet. Mulai dari yang termudah sampai yang tersulit, semua ada… tergantung pertimbangan kita terkait waktu, modal, dan keahlian. Kalau mungkin penawaran keahlian, jasa, atau produk yang anda miliki belum pernah anda lihat di internet, bukan berarti tak ada demand-nya bukan?

Yang penting, kita Keep ACTION dan tak pernah menyerah!

Apakah anda setuju dengan saya, atau anda punya bentuk bisnis lain selain yang saya sebutkan di atas?. Silahkan berikan komentar anda.

Inilah 9 Pekerjaan di Internet yang Bisa Mendatangkan Uang

Artikel tersebut diambil dan di posting ulang di Blog ini atas seijin Resmi dari MaghfurAmin.com (Blog Belajar Bisnis Online dan Internet Marketing). Silahkan kunjungi Blog Belajar Bisnis Online dan Internet Marketing - MaghfurAmin.com untuk mendapatkan informasi atau belajar seputar Bisnis Online dan Internet Marketing. Atau untuk sekedar meng-Copy artikelnya secara GRATIS.

1 comment: