Saturday, August 7, 2010

JANGKA PANJANG INVESTASI UNTUK MASA DEPAN

Jika anda telah siap untuk menginvestasikan uang anda untuk masa depan, seperti pensiun, untuk pendidikan anak anda sampai meraih gelar sarjana di universitas di luar negri misalnya, anda mempunyai banyak pilhan, anda tidak perlu mengobral uang anda untuk berinvestasi dalam pembelian saham yang beresiko tinggi. Anda bisa dengan mudah menginvestasikan uang anda dengan cara yang sangat aman, yang akan memberikan manfaat dan keuntungan buat anda dalam jangka waktu yang panjang.

Pertama, pertimbangkan untuk berinvestasi dengan membeli Obligasi. Ada bermcam-macam Obligasi yang dapat anda beli. Obligasi Serificat Deposit, Obligasi yang di terbitkan oleh Bank, namun pilih Bank yang Bonafid atau Bank Pemerintah, ini tergantung pada jenis obligasi apa yang ingin anda beli, Investasi anda bisa dua kali untuk Obligasi ini dalam jangka waktu tertentu.

Reksa Dana, investasi ini relatif lebih aman, Reksa Dana adalah semacam investasi dimana sejumlah investor menaruh uang mereka bersama-sama untuk membeli saham, obligasi, atau untuk investasi lain. Seorang manager Investasi biasanya memutuskan berapa uang yang akan di investasikan. Yang perlu anda lakukan adalah menemukan Broker yang mempunyai reputasi dan berpengalaman dalam mengelola Reksa Dana, dan Broker ini yang akan mengurus uang anda dan uang klien anda. Reksa dana resikonya lebih kecil dari pada Obligasi.

Saham adalah bentuk lain untuk investasi jangka panjang anda, saham merupakan kepesertaan anda dalam menaruh sejumlah uang dalam sebuah perusahaan sebagai modal bersama. Dimana jika suatu perusahaan dalam kondisi baik / sehat maka saham anda akan naik, begitu sebaliknya jika sebuah perusahaan sedang buruk / sakit maka nilai saham /investasi anda akan menurun. Saham lebih berisiko dari pada Reksadana, meskipun dengan membeli saham resikonya lebih besar dari pada reksadana, namun anda masih bisa membeli saham padaperusahaan yang sehat, seperti, GG, Sampoerna, dll.

Anda sebaiknya melakukan Riset atau Observasi dulu sebelum menginvestasikan uang anda untuk jangka panjang. Jika anda ingin membeli saham maka pilihlah saham perusahaan yang sehat dan mapan, Jika anda memilih untuk berinvestasi di Obligasi maka pilihlah Broker yang berpengalaman dan punya track record yang bagus. Jangan mengobral uang anda jika anda belum siap untuk mengambil resiko dengan saham atau reksadana, setidaknya anda bisa berinvestasi untuk membeli Obligasi yang di jamin oleh pemerintah akan memberi rasa aman untuk uang anda.

No comments:

Post a Comment